Imam Fahrur Rofi

Cara Mengatasi Error: Unable to locate publishable resources pada Project Laravel

Ilustrasi Unpublishable Resources Laravel

Salah satu fitur yang ada pada Laravel adalah penggunaan third-party packages yang akan meningkatkan produktivitas kita. Kita tidak perlu lagi memikirkan algoritma, menulis kode, dan melakukan optimasi kode sendiri jika menggunakan third-party packages.

Setiap packages yang diinstal melalui composer install akan masuk ke dalam folder vendor. Biasanya packages bisa langsung digunakan dalam project, contohnya seperti spatie/laravel-image-optimizer. Namun ada juga yang perlu di-publish assetnya agar bisa digunakan, asset ini seperti migrations, config, maupun views, contohnya seperti amaelftah/laravel-trix: WYSIWYG Editor.

Pada kasus di artikel ini, Saya mendapati Error: Unable to locate publishable resources saat mem-publish asset dari package spatie/laravel-tags, solusi error ini cukup mudah, yaitu :

  1. Buka command prompt atau terminal di dalam folder project Laravel
  2. Jalankan  php artisan clear-compiled 
  3. Jalankan  composer dumpautoload 
  4. Jalankan  php artisan config:clear 
  5. Jalankan  php artisan vendor:publish , nanti akan muncul daftar provider dan tags
  6. Pilih vendor yang hendak di-publish

Daftar provider dan tags pada php artisan vendor:publish

Error ini biasanya disebabkan oleh ketidak tepatan properti yang diinputkan setelah perintah php artisan vendor:publish, pada kasus ini saya hendak mempublish dengan properti --tags="migrations", padahal tags tersebut tidak ada di daftar vendor:publish.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. 


Pengaturan
Mode
Warna
Search panel