Halo ! saya Fahru, seorang software development enthusiast.

Apa sih Database itu ?

Pertanyaan dasar ini pernah saya tanyakan pada Google saat saya memulai belajar pemrograman. Saya merasa database adalah pondasi dari pemrograman, sebagian besar project IT menggunakan database untuk menyimpan data. Setelah membaca beberapa artikel, ternyata database tidak hanya digunakan di dunia pemrograman seperti DBMS, namun juga digunakan secara tradisional untuk menyimpan data seperti data jual beli dll.

Database sederhana yang bisa kita temui sehari-hari adalah buku yang berisi catatan-catatan, seperti buku pelajaran, buku absensi, dan buku catatan lainnya. Mencatat dalam buku bisa disebut tindakan membuat (create) data, sehingga penulis bisa membaca (read) data yang telah dimasukkan, juga bisa mengubah isi (update) data di waktu yang lain, dan jika diperlukan maka bisa juga menghapus (delete) data tersebut. Tindakan ini disebut CRUD pada database.

Data menurut Wikipedia adalah object informasi, yang bisa berupa angka, teks, maupun media. Contoh data berupa angka yakni informasi hasil pengukuran atau yang bisa diukur seperti berat badan, tinggi badan, suhu, dll. Contoh data yang berupa teks adalah nama, pendapat, maupun keterangan deskripsi dari suatu hal. Contoh data berupa media yakni seperti gambar, audio, dan video rekaman.

Database menurut Edureka adalah sebuah kumpulan data yang terstruktur sedemikian rupa sehingga mudah diatur. Contoh sederhananya seperti buku kas toko, yang mana struktur datanya bisa terdiri dari nomor, nama barang, harga, pembelian, penjualan dan sebagainya.

Database pun terbagi jadi dua, yakni database tradisional dan database modern. Keduanya dibedakan pada teknologi yang digunakan untuk menyimpan data, database tradisional biasanya masih menggunakan kertas untuk menyimpan data, contohnya buku kas toko tadi. Sedangkan database modern sudah menggunakan media elektronik untuk menyimpan data.

Namun saya pribadi merasa bahwa yang membedakan antara database tradisional dengan database modern adalah manajemen data, manajemen data pada database tradisional memiliki keterbatasan seperti :

  • Kapasitas penyimpanan data yang bisa ditampung hanya sedikit, bahkan ukuran maksimal penyimpanan data tradisional elektronik seperti Ms. Excel hanya 2 GB.
  • Sulit menghubungkan antar entitas data, semisal jika terdapat pembukuan modal (barang masuk) di divisi gudang dan pembukuan barang terjual di divisi toko maka untuk mengetahui secara realtime ketersediaan suatu barang akan menghabiskan waktu yang lama (perlu memastikan barang yang ada di gudang dan sisa barang yang ada di toko).
  • Replikasi data, misal data nama barang, merek, dan asal pabrik ditulis di database divisi gudang dan database divisi toko.
  • Replikasi database, database biasanya direplikasi sebagai back-up maupun arsip, proses replikasi database biasanya membutuhkan waktu yang lama.

Nah dengan teknologi saat ini, muncul database modern yang menjadi solusi dari keterbatasan database tradisional di atas. Database modern mengumpulkan data secara sistematis di database management system (DBMS). DBMS bervariasi tergantung kebutuhan pengguna, yang terkenal saat ini adalah MySQL (RDBMS atau Relational Database Management System), PostgreSQL (ORDBMS atau Object Relational Database Management System), dan MongoDB (NoSQL Database Management System).

Database modern juga memiliki kekurangan, antara lain :

  • Sistem yang kompleks, pengguna membutuhkan hardware dan software untuk bisa menggunakan database modern.
  • Keamanan data, database modern memiliki keuntungan bisa diakses oleh banyak orang secara bersamaan, yang berarti orang yang tidak berwenang juga mungkin bisa mengakses data.
  • Biaya, ada biaya yang dikeluarkan agar database bisa diakses dan perawatan hardware & software.

Sekian pemahaman saya mengenai database, jika pembaca memiliki pendapat lain silahkan tulis di komentar ya.



Kredit

*Photo by Alfons Morales on Unsplash

Data - Wikipedia

What is a Database? Know the Definition, Types & Components | Edureka

Traditional Databases (jhigh.co.uk)


#Database